Adab Berziarah dan Nasehat Ibnu Jauzi

Artinya : 

Wahai golongan para penghuni dunia ! Berziarahlah kepada para penghuni kubur dengan do'a yang bagus dan bacaan Al-Qur'an !

Maka, sesungguhnya hal tersebut ada haditsnya dari Nabi SAW, beliau bersabda:

"Barangsiapa memasuki makam-makam kaum muslimin dan membaca Surat Al-Ikhlas 10 kali, kemudian dihadiahkan pahala bacaannya kepada oran,g-orang yang sudah meninggal, maka Allah ta'ala akan mengampuni dosa-dosa mereka, dan Dia akan memasukkan cahaya dan kegembiraan ke dalam kubur-kubur mereka, juga Dia akan menuliskan 10 lipat kebajikan bagi orang yang membacanya dengan setiap orang yang sudah meninggal sejak hari diturunkannya Nabi Adam oleh Allah ke muka bumi sampai hari kiamat."

Dan, Rasulullah SAW bersabda:

"Hadiahkanlah kepada orang-orang yang sudh meningggal ! Ditanya Rasulullah: Apa yang harus kami hadiahkan ya Rasulullah untuk orang-orang yang sudah meninggal ? Jawab beliau: Sedekah dan do'a. Tidaklah dari keluarga mayit yang bersedekah setelah kematiannya kecuali Malaikat Jibril akan menyampaikan hadiah pahala sedekahnya di atas nampan cahaya kepadanya . Kemudian, dia berhenti di pinggir makamnya dan berkata: Wahai penghuni kubur ! Ini ada kiriman hadiah pahala dari keluargamu yang dihadiahkan untukmu. Terimalah hadiah ini ! Kemudian, hadiah pahala itu masuk kepadanya dan iapun sangat gembira sekali menerimanya. Sedangkan, tetangga-tetangga kuburnya merasa sedih karena tidak mendapat kiriman hadiah pahala."

{Kitab "Bustanul Wa'izhin wa Riyadhus Sami'in", karya Imam Ibnu Al-Jauzi (508-597 H. / 1114-1201 M.), halaman 193, cetakan "Darul Kutub Al-'Ilmiyyah", Beirut - Libanon}.

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.