Dongeng Sunda Kisah Hasan Basri - Ki Balap

Dongeng ini dibawakan oleh sohibul hikayat Ki Balap Muda dengan bahasa Sunda dengan file MP3.

Profil Singkat Ki Balap Muda
Sebagaimana sudah maklum bahwa Ki Balap adalah sosok legendaris Sunda yang berasal dari Lewi Liang, Bogor.. Sekitar tahun 1970an beliau sudah membuat banyak dongeng dan tayang di beberapa stasiun radio di tataran sunda bahkan sampai jakarta.

Nama asli Ki Balap alias Kyai Balap adalah K.H. Mochammad Arief Sholeh. Ciri khas Kyai Balap adalah jika berdakwah dengan bahasa Sunda memakai cara seperti mendongeng dan mendendangkan nadzoman, puji-pujian pada Allah, shalawat dan pepatah serta nasihat khas Sunda.Yaitu bercerita kisah-kisah klasik yang dimodifikasi sedemikian rupa tetapi warna dan nilai dakwahnya sangat dalam dan berselera humor yang tinggi. Beliau lebih ngetop dan tenar di masa itu dengan sebutan Ki Balap.

Dongeng dengan judul Hasan Basri ini termasuk dongeng yang sangat populer saat ini selain dongeng lainnya yaitu Dongeng Kiyai Ahmad, Kian Santang.

Sepintas cerita dongeng Hasan Basri 

Hasan Basri adalah sosok yang sederhana dan penuh prihatin semasa hidupnya. Walaupun dengan keadaan yang sederhana tapi memiliki cita-cita yang luhur menjadi manusia yang berharga dan bermanfaat untuk bangsa dan negara.

Hasan Basri lahir di Kota Bashrah sehingga dinamakan Basri atau Al-Bishriy yang artinya orang Basrah atau bangsa Bashrah.

Ayahnya sudah meninggal saat beliau berusia 2 tahun sementara ibunyalah yang mengurus beliau hingga menginjak dewasa. Ibunya menyuruh beliau untuk belajar di pesantren untuk menimba Ilmu Agama guna menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat untuk Agama juga untuk bangsa. Tentu Hasan Bashri sangat senang karena memang hati beliau sudah ada keinginan menjadi orang yang pintar dalam bidang Ilmu Agama.

Selama 15 tahun sudah beliau belajar di pesantren akhirnya Hasan pulang ke rumah ibunya. Seiring waktu beliau memiliki santri yang lumayan banyak. Aktifitas beliau setiap harinya mengajar santri dan juga bekerja menjual dan membuat perhiasan dari Emas, Perak dll. untuk menafkahi dirinya dan Ibunya.

Seiring waktu terus berjalan, di Kota Bashrah banyak kejadian yang sangat menggemparkan yaitu banyaknya anak muda yang hilang, sekitar 100 orang muda entah kemana keberadaannya. Semua yang hilang adalah pemuda-pemuda yang sering menggembor-gemborkan da'wah Islam atau sebagai ustad atau ulama.

Ceritanya sangat panjang tidak akan saya ceritakan semuanya.

Cerita selanjutnya sangat penuh dengan emsional baik yang membuat pendengar sedih dan bahagia. Untuk yang menginginkannya silahkan download di bawah ini:


Download Dongeng Hasan Basri ⇒ Bagian I,|| Bagian II ⇐

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.
EmoticonEmoticon