Kajian Kitab Imam al Ghazali - Buya Yahya

Buya Yahya
Berikut ini adalah rekaman Pengkajian Kitab Al Kasyfa wa al-Tabyin fi Ghurur al-Kholq Ajma’in, yakni sebuah risalah tentang Golongan Manusia Yang Tertipu karya Imam Al Ghazali yang disyarah oleh Buya Yahya (Pemimpin Majelis Al Bahjah, Cirebon).

Judul asli: Al-ajwibat Al-Ghazaliyah Wa al-Mas’alat al-Ukhrawiyah Al-Durrat al-Fakhirah fi kasyfi Ulumi al-Akhirah Risalah al-Laduniyah Al Kasyfa wa al-Tabyin fi Ghurur al-Kholq Ajma’in Al-Mawaidh fi al-Hadits al-Qudsiyah. Kitabnya dapat anda download di sini (Arabic, gundul).

Sekilas Tentang Isi Kitab Imam al Ghazali

Mukallaf adalah orang yang terkena kewajiban/ketentuan atau baligh serta berakal dan diperintahkan untuk beribadah kepada Allah. Bagi mereka pahala di sisi-Nya. Juga larangan melakukan maksiat, supaya terhindar dari siksaan-Nya. Adapun non-mukallaf adalah mereka yang tiada mempunyai larangan baginya.

Mukallaf terbagi: mukmin dan kafir. Mukmin terbagi lagi ta’at dan durhaka. Masing-masing dari mukmin dan kafir terbagi menjadi dua bagian: ‘Alim (tahu/berilmu) dan Jahil (tidak tahu/bodoh).

Bahwa ketertipuan telah merebak dan merata, kecuali orang-orang yang dilindungi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ketahuilah bahwa orang-orang yang tertipu (selain orang-orang kafir), ada empat golongan: Ulama, Ahli Ibadah, Pemilik Harta, dan Ahli Tasawuf. Disamping ketertipuan orang-orang kafir, ketertipuan dimaksud ada yang berupa tipuan kehidupan dunia, ada pula yang disesatkan oleh setan.

Simaklah selengkapnya rekaman penyampaian yang sangat penting ini, bersama Buya Yahya dalam syarah kitab Al Ghazali, yang dengan mengetahui risalah tentang golongan manusia yang tertipu ini, Insya Allah kita dapat terhindar dari 'ketertipuan-ketertipuan' tersebut.

Kajian Kitab Imam Al Ghazali - Orang orang tertipu - Buya Yahya

1 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.