Mengenal Alat Alat Potong Kaligrafi

satu set alat kaligrafi zaman dahulu
Melihat karya kaligrafi bagus, terkadang membuat kita bertanya, nulisnya pake alat apa sih...? belinya dimana..? waah..itu pasti pulpen spesial ya..?.

Seolah olah alat alat itulah yang paling menentukan  terhadap  hasil  karya  kaligrafi. Padahal ada banyak faktor. Antara lain kemahiran sang kaligrafer. Tapi bagusnya alat kaligrafi memang sangat membantu. Menulis dengan pena  jelek  dan  pena  bagus  hasilnya  akan berbeda.

Maka tidak ada salahnya kalau sekarang kita akan mengintip sedikit, mengenai peralatan kaligrafi yang selama ini digunakan oleh para master. Kita akan mengenal  alat  alat  kaligrafi, yang akan saya bagi bagi dalam beberapa postingan Insya Allah.

Kaligrafi memerlukan beberapa alat bantu. Ada alat alat standar, ada juga alat alat yang mencapai tingkat advance dan berharga mahal. Yang mana yang sudah kamu miliki....? Semua alat ini diciptakan untuk memudahkan seorang kaligrafer dalam menumpahkan perasaan seninya, dan berkarya.

Alat alat ini mungkin bisa kamu dapatkan secara gratis di alam. Atau kamu dapatkan di sembarang toko buku. Tapi banyak juga alat alat khusus yang hanya bisa kamu beli disupplier  supplier  khusus kaligrafi.

Postingan kali ini, akan menyajikan kembali artikel menarik dari calligraphyqalam.com dan beberapa situs lain tentang beberapa alat kaligrafi yang  telah  digunakan  oleh kaligrafer zaman dahulu dan sekarang. Pada  bagian  ini  kita  akan  melongok  beberapa alat bantu kaligrafi berupa alat potong, pisau, tatakan, gunting dan lain lain

Berikut ini alat alat tersebut  :
Tatakan untuk memotong pena. Disebut maqath atau miqath atau maqtha'. Terbuat dari bahan keras (plastik, kayu, cangkang) Ditengahnya  diberi amplas.
Maqath biasa, tanpa tambahan amplas. Dijual oleh supplier As­Shoqr
Gambar maqath kayu dan plastik serta pisau potong khusus kaligrafi.
Pisau ini kecil, tajam dan kuat dengan punggung agak tebal. Cutter yang ada sekarang juga cukup baik untuk digunakan.
Memotong pena bambu dengan maqath
Beberapa maqtha' Turki peninggalan masa lalu
Maqtha' / maqath berukir  indah peninggalan kuno
Maqath peninggalan  kuno, sepertinya  dibuat dari batu marmer
Pisau  khusus kaligrafi peninggalan kuno


Gunting, digunakan untuk memotong mata bambu bila tidak ingin menggunakan maqath
Cara memotong pena yang  benar
Demikianlah pengenalan kita terhadap beberapa peralatan pendukung kaligrafi, berupa  alat alat potong. Kita lanjutkan dibagian kedua dengan alat alat tulisnya (pena). Terima kasih, mudah  mudahan bermanfaat.

Artikel mengenai Alat Alat Bantu Kaligrafi ini, ditulis kembali oleh blog Seni Kaligrafi Islam dengan memperhatikan banyak sumber, antara lain yang disebutkan berikut ini sebagai sumber utama :
http://calligraphyqalam.com/gallery/index.php?album=period­6­Tools
http://alsaker­art.com/cart/index.php?route=product/product&product_id=146

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.