Buku Cerita : Hari Esok Yang Menantang

Hari Esok Yang Menantang
Buku Cerita : Hari Esok Yang Menantang - ini adalah buku cerita karangan pak soetarjo seorang guru SD di banjarnegara. buku cerita ini berlatar belakang nuansa alam pedesaan yang kental.

Tokoh di dalam buku cerita ini adalah dimin, yang bercita cita untuk melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi, ayah dimin yang awalnya keberatan apabila dimin bersekolah justru berubah 180 derajat, nampaknya ayah sadar bahwa bekal hari esok untuk anaknya adalah pendidikan yang tinggi. pada mulanya ayah membelikan kerbau untuk dimin supaya menjadi gembala sepanjang hari, namun berkat kepedulian pak lurah untuk mengingatkan tentang betapa pentingnya pendidikan kepada warganya, perlahan meluluhkan keras hati ayahnya dimin.

Dalam buku cerita ini, ada teman teman dimin yang lain, seperti rujito, anwar, si bawuk yang memiliki jumlah kerbau terbanyak diantara teman temannya serta bang raji seorang sebatang kara baik hati yang sering menasehati dimin, bang raji tinggal seorang diri di dunia ini, dan bekerj apa saja untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti menyabit rumput, menggembalakan kambing orang untuk sedikit upah. Ketika teman teman dimin memilih kesekolah, lain halnya dengan si bawuk ia tetap menggembalakan kerbaunya, ia beranggapan bahwa sekolah sama sekali tidak penting untuk masa depannya, begitu pula dengan ayahnya si bawuk sangat bangga dengan pemikiran anaknya tersebut.

Setelah lulus SD dimin memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang SLTP kemudian SLTA sampai akhirnya berhasil menjadi insyinyur yang menjadi kebanggan kampungnya.

1 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.