Qadhi Abu Syuja' as-Syafi'iy pengarang Kitab Matan Taqrib
Selasa, Januari 16
Add Comment
Bagi pelajar fiqh Syafii, kitab Ghayah wa Taqrib atau yang
lebih di kenal kitab Matan Taqrib merupakan kitab yang tidak asing lagi. Kitab
ini menjadi kitab kurikulum bagi para pemula pelajar fiqh Syafii. Kitab ini
merupakan kitab yang kecil yang lengkap mulai dari bab Thaharah hingga `itq.
Kitab ini di karang ulama seorang ulama Syafii`yah yang hidup di abad ke 5 H.
Beliau adalah Ahmad bin al-Husen bin Ahmad al-Asbahaniy yang
terkenal dengan panggilan al-Qadhi (Hakim) Abu Suja' (Bapak para pemberani). Sebutan dan Kunyah Abu Syuja’ disandangkan kepadanya, karena dia adalah seorang ulama yang pemberani dalam menegakkan kebenaran dan tidak takut dengan cacian orang lain di dalam menegakkan keadilan. Beliau itu beliau juga di
gelari dengan gelar (kuniyah) Abu Thayyib. Beliau belajar fiqih Syafii di
Basrah lebih dari 40 tahun. [1]
Para ahli sejarah berbeda pendapat tentang tahun kelahiran
dan wafat beliau. Salah seorang murid beliau Imam Ahmad bin Muhammad Abu Thahir
as-Silafy (w. 576 H) dalam kitabnya Mu`jam Safar menuliskan bahwa beliau pernah
menanyakan kepada Abu Suja` sendiri tentang tahun kelahiran beliau, Abu Suja`
menjawab tahun 434 H di Basrah, sedangkan ayah beliau lahir di `Abbadan dan
kakek beliau lahir di Asfihan (kota di Iran yang terletak sekitar 340 km dari
ibu kota Iran, Taheran) [2].
Keterangan tersebut juga di kutip oleh Imam Yaqut bin Abdullah al-Hamawi dalam
kitab beliau Mu`jam Buldan ketika menerangkan tentang Negri `Abbadan [3].
Dalam kitab tersebut tidak di sebutkan tahun wafat beliau.
Sedangkan dalam kitab A`lam karangan Zarkali di sebutkan
beliau lahir tahun 533 H/1138 M dan wafat pada tahun 593 H/1197 M [4],
maka umur beliau berdasarkan keterangan ini adalah hanya 60 tahun. Hal sangat
bertentangan dengan keterangan dalam Kitab Hasyiah al-Bajuri dan Hasyiah
Bujairimi `ala Khatib yang menerangkan bahwa beliau memiliki umur panjang
hingga 160 tahun. Dan keterangan ini juga sangat menentang dengan keterangan
murid beliau sendiri Imam as-Silafi dalam kitab Mu`jam Safr, dimana beliau
menyebutkan bahwa Abu Suja` sendiri pada tahun 500 H menyebutkan kepadanya
bahwa beliau sudah mempelajari fiqih Mazhab Syafii selama 40 tahun lamanya,
setelah itu Imam as-Silafi menyebutkan bahwa Abu Suja` masih hidup hingga masa
yang tidak beliau ketahui.
Ada kemungkinan bahwa keterangan kitab al-A`lam karangan
Zarlaki yang di kutip banyak penerbit yang menuliskan biografi Abu Suja` ketika
menerbitkan kitab Matan taqrib, terjadi kesalahan ketika penulisan, mungkin
yang sebenarnya adalah tahun kelahiran beliau 433 H, (hanya selesih setahun
dengan keteragan murid abu Suja` sendiri, Imam as-Silafy) sehingga usia umur
beliau tepat 160 sehingga sama dengan keterangan yang di sebutkan dalam
Bujairimi dan Hasyiah Al-Bajuri. Wallu A`lam bish Shawab.
Dalam Kitab Kasyfun Dhunun di sebutkan tahun wafat beliau
adalah 488 H tanpa di sebutkan tahun kelahiran [5].
Sedangkan Imam Tajuddin as-Subky dalam kitab Tabaqat Syafi`iyyah Kubra
memasukkan beliau dalam golongan para ulama yang wafat pada setelah tahun 500
H.
KH.Sirajuddin Abbas menanggapi perbedaan ini mengatakan; ada kemungkinan bahwa beliau menghilang dari negrinya Asfahan, Persia pada tahun 488 H, sehingga orang mengatakan bahwa beliau telah meninggal. Orang tidak tahu bahwa beliau telah mengasingkan diri menjadi pelayan Masjid Madinah sampai wafatnya tahun 593 H [6].
Para ahli sejarah menulis gelar beliau dengan Syihabuddin,
hal ini sesuai dengan kebiasaan ahli sejarah yang memberi gelar Syihabuddin
kepada para ulama yang bernama Ahmad dan gelar Syamsuddin kepada para ulama
yang bernama Muhammad. Karena itu kita dapati para ahli sejarah menulis nama Imam
Ramli Kabir dengan gelar Syihabuddin karena nama beliau adalah Ahmad dan
menulis gelar Imam Ramli Shaghir dengan Syamsuddin karena nama beliau adalah
Muhammad [7].
Abu Suja' di kenal sebagai seorang imam ahli ibadah, shalih
dan berilmu dan taat dalam agama. Beliau pernah menjabat sebagai qadhi dan
kemudian menjadi menteri. Beliau menjabat menteri di umur 47 tahun, dimasa
jabatannya tersebut beliau banyak menyematkan keadilan dan ilmu agama, beliau
memiliki 10 pembantu yang berkeliling membagikan shadaqah kepada manusia.
Masing-masing mereka membagikan 1.120 dinar yang akan di bagikan kepada orang
yang berhak.
Kemudian beliau menempuh jalan zuhud meninggalkan kenikmatan
duniawi, beliau hijrah ke Madinah dan menetap di Masjid Nabawi sebagai orang
yang bertugas merapihkan tikar dan menyalakan lentera dan membersihkan Mesjid
Nabawi serta menjadi pengkhadam Hujrah Rasulullah SAW. dan beliau jalankan
tugas tersebut sampai akhir hayatnya [8].
Beliau di karunia umur panjang hingga berusia 160 tahun dan
dalam keadaan lanjut usi demikian, tidak ada satupun anggota badan beliau yang
cedera. Orang – orang bertanya tentang sebab anggota badan beliau sehat hingga
masa tua, beliau menjawabnya:
حفظنا ها فى الصغر
فحفظها الله فى الكبر
Kami menjaganya (dari dosa) ketika masih muda maka Allah
menjaganya ketika kami tua.
Beliau wafat dan dimakamkan di sebuah ruangan mushallah yang
beliau bangun sendiri di dekat Masjid Nabawi di samping pintu Jibril.
Kitab Mukhtashar Ghayah wa Taqrib atau Matan Taqrib ini di
syarah oleh beberapa ulama lain antara lain:
- Muhammad Ibnu Qasim al-Ghazi (w.928 H) dengan kitab beliau Fathul Qarib Mujib yang kemudian di beri hasyiah oleh Imam al-Bajuri. Kitab ini menjadi pelarajan kurikulum di seluruh pesantren di Indonesia. Selain Imam al-Bajuri, Fathul Qarib juga di beri hasyiah oleh ulama Indonesia, Syeikh Nawawi al-Bantani dengan nama kitab beliau Qut al-Habib al-Gharib, dan juga di beri hasyiah oleh Imam al-Azizy, al-Barmawy, dan al-Qalyuby.
- Ibnu Daqiq al-`Id.
- Imam Muhammad Khatib Syarbainy (w.977 H) dengan nama kitab beliau Iqna` yang kemudian di beri hasyiah oleh Imam Bujaurimi yang di kenal dengan nama Hasyiah Bujairimi `ala Khatib sebanyak 4 jilid besar. Selain itu kitab syarah ini juga di beri hasyiah oleh beberapa ulama lain seperti al-Mudabaghy, al-Ajhury, an-Nabrawy juga di beri taqrirat oleh Syeikh al-Bajuri dan Syeikh `Aush.
- Sayyid Taqiyuddin al-Hishni dengan nama kitab beliau Kifayatul Akhyar fi hill Ghayah al-Ikhtishar
- Syeikh Taqiyuddin Abi Bakar Ibnu Qadhi `Ajalun (wafat 829 H) setelah mensyarahnya beliau juga kembali meringkasnya dan beliau tambahkan sedikit tentang perbedaan pendapat Imam Rafii dan Nawawi dengan nama kitab beliau `Umdatun Nadhar fi Tashhih Ghayah al-Ikhtishar [9]
- Syeikh Ahmad al-Akhshashy (w. 889 H) dengan kitab beliau yang bernama Syarah Mukhtashar Abi Suja`
- Syeikh Ahmad bin Muhammad al-Manufi (w. 931 H) kitab beliau beri nama al-A`naq kemudian beliau ringkas sendiri kembali dan beliau namai Tasynif al-Isma` bi Hill alfadh Abi Suja`
- Syeikh Waliyuddin al-Bashir (w.972 H) dengan kitab syarah beliau yang bernama an-Nihayah fi Syarh Syarh al-Ghayah.
- Ahmad bin Qasim al-Ubady (w.994 H) dengan syarah beliau yang bernama Fath Ghaffar bi Kasy Mukhbaat Ghayah al-Ikhtishar.
- DR. Mushtafa Daib al-Bugha dengan kitab beliau at-Tahzib fi Adillah Matn al-Ghayah wa Taqrib. Kitab ini berisi dalil baik dari ayat atau hadits dari setiap hukum yang ada dalam matan Taqrib.
Selain di syarah, kitab Matan Taqrib juga di gubah menjadi
nadham oleh seorang ulama yang ahli dalam menggubah nadham yaitu Imam
Syarafuddin `Imrithy (w. 989 H) dengan nama Nihayah Tadrib, Syeikh Ahmad
al-Absyihy (w. 883 H), Syeikh Abdul Qadir bin al-Mudhaffar (w.892 H) Syeikh
Ahmad bin Abdu salam al-Manufi (w. 931 H), Syeikh ad-Dausary (w. 1243 H).
Selain itu kitab sudah di terjemahkan dalam berbagai bahasa
termasuk dalam bahasa bahasa Perancis pada tahun 1895 dan ke bahasa Jerman pada
tahun 1987.
Kitab Matan Taqrib masih di pakai sampai saat ini, hal ini
menunjukkan satu kelebihan bagi kitab tersebut, di mana walaupun kitab tersebut
kecil dan telah melewati masa hampir satu abad namun masih di gunakan sebagai
pegangan utama bagi pemula dalam belajar fiqh Syafii`yah.
Semoga Allah selalu melimpahkan barakah ilmu Abu Suja`
kepada kita semua dan Allah memberikann taufiq dan hidayah kepada kita untuk
mengikuti jejak beliau.
Amiin ya Rabbal `Alamin.
Referensi:
[1] As-Subki,
Tajuddin bin `Ali bin Abdul Kafy, Thabaqat Syafi`iyyah Kubra, thn 1413 H
[2] Abu
Thahir as-Silafy, Ahmad bin Muhammad, Mu`jam as-Safr, Maktabah Tijariyah
[3] Al-Hamawy,
Yaqut bin Abdullah, Mu`jam Buldan, Beirut, Dar Fikr
[4] Az-Zarkaly,
al-A`lam, Dar al-`ilm lilmalayiin th 2002
[5] Haji
Khalifah, Kasyfun Dhunun, Beirut, Dar Turats Arabi
[6] KH.
Sirajuddin Abbas, Thabaqat Syafi`yah Ulama Syafii dan kitab-kitabnya dari Abad
ke Abad, Pustaka Tarbiyah Baru th 2011
[7] Al-Bajuri,
Ibrahim, Hasyiah al-bajuri `ala Fath Qarib, Haramain
[8] Al-Bujairimi,
Sulaiman bin Muhammad, Hasyiah Bujairimi `ala Khatib, Dar Kutub Ilmiyah th 1997
[9] http://www.feqhweb.com/vb/t352.html
0 Response to "Qadhi Abu Syuja' as-Syafi'iy pengarang Kitab Matan Taqrib"
Posting Komentar
Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.