Terjemahan Fiqih Islam Wa Adillatuhu PDF Jilid 1

Terjemahan Fiqih Islam Wa Adillatuhu

Terjemahan lengkap Kitab fiqih kontenporer yang bernama Fiqhul Islami wa Adillatuhu jilid 1 karya Dr. Wahbah az-Zuhaily yang cukup di kenali dalam dunia fiqh kontemporari. Buku ini membahaskan aturan-aturan syariah Islamiyyah yang disandarkan kepada dalil-dalil yang shahih baik dari Al-Quran, As-Sunnah/Hadith mahupun akal. Oleh sebab itu, kitab ini tidak hanya membahas Fiqih Sunnah semata-mata, atau membahaskan fiqih berasaskan logik semata.

Dalam terjemahan jilid ke satu ini terdapat pembahasan seputar mustolah ilmu fiqih, mabade ilmu fiqih atau kita sering sebut dengan pengenalan 10 dasar fan ilmu fiqih, dilanjut dengan biografi ulama madzhab dan fuqoha dari berbagai macam madzhab dan aliran, lalu masuk ke materi pembuka ilmu fiqih yaitu mengenal dasar ibadah yaitu Niat, karena dalam Ibadah niat adalah suatu hal yang paling penting, ibaratkan ruh dari semua bentuk ibadah.

Kemudian di lanjut ke pembahasan bersuci atau thoharoh, yang menjadi kebiasaan para ulama fuqoha menyusun kajian kitab fiqihnya dengan membahas ilmu dan hukum bersuci terlebih dahulu, karena ibadah-ibadah selalu dihubungkan dengan kesucian dzohir maupun bathin.

Setelah itu masuk ke pembahasan shalat yang mana sholat ini adalah tiang dan podasinya agama, sehingga amal perbuatan lain di tangguhkan kepada amalan sholatnya, bahkan hukuman meninggalkan sholat tidak disengaja dan tidak mau bertaubat, maka hukum islam menindak lanjutinya dengan hukuman di bunuh dengan cara di pancung.

Selain kelebihan pembahasan diatas, karya ini juga mempunyai keistimewaan dalam hal memuatkan materi-materi fiqih dari semua Mazhab (Hanafi, Maliki, Syafii & Hanbali), dengan disertai proses penyimpulan hukum (istimbaath al-ahkaam) dari sumber-sumber hukum Islam baik yang naqli maupun yang aqli (Al-Quran, As-Sunnah, dan juga ijtihad akal yang didasarkan kepada prinsip umum dan semangat tasyri’ yang menyeluruh).

Sekilas biografi pengarang kitab Fiqih Islam Wa Adillatuhu;

Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili lahir di Dair ‘Athiyah, Damaskus tahun 1932. Pada tahun 1956, beliau berhasil menyelesaikan pendidikan tingginya di Universitas Al-Azhar Fakultas Syariah. Beliau memperoleh gelar magister pada tahun 1959 pada bidang Syariah Islam dari Universitas Al-Azhar Kairo. Tahun1963, beliau mengajar di Universitas Damaskus. Di sana, beliau mendalami ilmu fiqih serta ushul fiqih dan mengajarkannya di Fakultas Syariah. Beliau juga kerap mengisi seminar dan acara televisi di Damaskus, Emirat Arab, Kuwait, dan Saudi Arabia. Ayah beliau adalah seorang hafizh Qur’an dan mencintai As-Sunnah.

Di terjemahan Fiqhul Islami Wa Adhilatuhu Jilid 1 ini memuat didalamnya pembahasan : Pengantar Ilmu Fiqih, Tokoh-tokoh Mazhab Fiqih, Niat, Thaharah, Solat


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.