Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Aplikasi

Berbahasa Arab Teori dan Aplikasi

Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia sudah mulai kelihatan gairahnya dengan bermunculan berbagai macam materi ajar baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk compact disc (CD) atau software lainnya. Materi-materi itu disusun oleh para praktisi pembelajaran bahasa Arab Indonesia. Tentu, fenomena tersebut sangat menggembirakan khususnya bagi praktisi pendidikan bahasa Arab dan bagi umat Islam Indonesia pada umumnya.

Materi yang disusun tersebut sangat bervariasi fokus pembahasannya. Sebagian ada yang menfokuskan pada prinsip-prinsip tradisional artinya masih menekankan pada tata bahasa dan terjemahan atau kalaupun sudah menyajikan materi untuk keterampilan membaca dan berbicara model penyajiannya berfokus pada latihan pola (pattern drill) belum pada latihan yang komunikatif (bermakna dan sesuai dengan pengalaman siswa).

Dengan demikian, buku ini disusun dalam rangka melengkapi buku-buku tentang teknik pembelajaran bahasa Arab yang bervariasi yang mencakup keempat keterampilan berbahasa (al-mah rah allugawiyyah al-arba’/the four language skills) yaitu menyimak (al-istima’), berbicara (al-kal m), membaca (al-qir ’ah), dan menulis (al-kitab h).

Teori dan Aplikasi Belajar Bahasa Arab

Secara umum buku ini membahas tentang lima hal penting yaitu:

Pertama, tentang beberapa prinsip dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu aspek prioritas, gradasi, pendalaman, motivasi, dan pemantapan. Prinsip-prinsip tersebut sebagai dasar untuk menyajikan materi ajar yang disesuaikan dengan perkembangan anak didik baik secara fisik maupun psikis.

Kedua, tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran keterampilan menyimak yaitu, konsep dasar, fase-fase pembelajarannya, teknik, media dan permainan berbahasa yang disajikan secara komunikatif.

Ketiga, tentang teknik pembelajaran berbicara yang mencakup beberapa teknik komunikatif, hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam mengajarkan berbicara, dan media pembelajarannya.

Keempat, tentang pembelajaran membaca yang mencakup tujuan membaca, tipe performansi membaca di dalam kelas, hal-hal yang harus diperhatikan guru dalam mengajar membaca, beberapa teknik komunikatif, dan media pembelajarannya.

Kelima, tentang pembelajaran menulis yang mencakup teori tentang hakekat menulis, masalah menulis, aktivitas pembelajaran menulis, teknik pembelajaran menulis dan penilaian menulis.

Dengan demikian, buku ini layak dibaca baik oleh mahasiswa pendidikan bahasa Arab, praktisi pembelajaran bahasa Arab dan para penentu kebijakan khususnya di bidang pendidikan bahasa Arab untuk dijadikan tambahan pengetahuan tentang alternatif beberapa teknik pembelajaran yang lebih spesifik pada empat keterampilan berbahasa.


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.