Mengenal Diri Melalui Rasa Hati (Seri Kajian Tasawuf)

Mengenal Diri Melalui Rasa Hati

Buku Mengenal diri melalui Rasa Hati ini memandu saya dan saudara untuk melegakan krisis jiwa, ketegangan fikiran dan kejahatan batin kita. InsyaAllah. Mudah-mudahan kita akan perolehi keselamatan dan kebahagiaan hidup sebagaimana yang Allah janjikan.

Mengenal diri bukanlah sekedar menilai kecantikan, tinggi rendah, warna kulit, keturunan, dan bangsa. Sebab manusia sebenarnya terdiri dari dua jasad yang di padu erat, yaitu jasad lahir dan jasad batin. Mengenal diri artinya mengenal hakikat manusia. Hakikat manusia adalah batinnya. Tanpa hakikat batin, yang lahir tidak berguna

Jasad lahir hanyalah sangkar untuk jasad batin, kalau kita gagal mengenal batin manusia, kita akan gagal mendidik diri manusia, Jadi mengenal diri sebenarnya bukanlah mengenal rupa lahir, tetapi yang lebih penting adalah mengenal watak batin, yaitu jiwa, pikiran, kemampuan, keinginan, watak, nafsu, dan kekuatan yang ada pada diri kita.

Dengan mengetahui sifat-sifat yang ada pada diri kita, maka nanti kita dapat melatih diri dan meletakkan diri sesuai pada tempatnya. Bila tidak, maka akan terjadi kerusakan di muka bumi karena kita telah melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan jiwa kita. Berlakulah kejahatan, krisis jiwa dan ketegangan pikiran hingga hilanglah KEBAHAGIAAN.

Dengan berkat kebesaran-Mu ya Allah, Nabi dan Muhammad SAW serta keluarga dan sahabat baginda, wali-wali-Mu, khususnya Syeikh Muhammad as Suhaimi, jadikanlah ya Allah, buku ini sebagai ubat pada jiwa kami dan selamatkan hati-hati kami sebagaimana keselamatan yang Engkau maksudkan dalam firman-Mu:

Hati Qiamat iaitu hari (ketika manusia meninggalkan dunia ini) di mana har-’ ta dan anak tidak berguna lagi kecuali mereka yang mengadap Allah membawa hati yang selamat (Asy Syuara’)


Itulah tulisan kami tentang ulasan dan review "Mengenal Diri Melalui Rasa Hati (Seri Kajian Tasawuf)" semoga bermanfaat bagi para pembaca dan jika tulisan ini bermanfaat bagi orang lain silahkan untuk berbagi dengan men SHARE kepada orang lain dan jika ada lebih rezeki silahkan untuk berdonasi untuk perkembangan blog ini

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.