Terjemah Kitab Al-Lu'lu wa Al-Marjan (Lu'lu Wal Marjan)


Kitab Lu'lu Wal Marjan


Kitab Muttafaqun Alaih ini merupakan terjemahan dari kitab Al-Lu'lu wa Al-Marjan. Berisi himpunan hadits-hadits sahih yang disepakati oleh Bukhari dan Muslim. Karenanya, tak berlebihan rasanya jika buku ini disebut sebagai kitab paling sahih setelah Al-Qur'an.

Kitab ini disusun oleh ulama pakar hadits dari Mesir, Syekh Muhammad Fuad Abdul Baqi (w. 1388 H). Beliau berhasil menghimpun sejumlah 1906 hadits dalam kitab ini.

Berbeda dengan versi lainya, buku ini dilengkapi syarh lafzhiyyah - semacam tafsir singkat - untuk kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipandang penting. Sejumlah fitur unggulan yang memberi nilai tambah juga disertakan, seperti:

  • Biografi Imam Bukhari dan Muslim serta para sahabat periwayat hadits terbanyak.
  • Rekomendasi dan keterangan para ulama terkait hadits-hadits yang disepakati Bukhari dan Muslim.
  • Pengantar ringkas seputar ilmu mushthalah hadits.
  • Indeks hadits serta penomoran sesuai dengan kitab Ash-Shahih yang menjadi rujukan primernya.

Biografi Muhammad Fuad Abdul Baqi


Muhammad Fuad Abdul Baqi merupakan seorang pakar penyusun indeks di bidang Sunnah Nabawiyah dan juga ayat-ayat al-Qur'an. Berasal dari Mesir dan pernah mengajar di sejumlah madrasah di sekitar kairo. Pernah bekerja sebagai penerjemah bahasa Arab dari bahasa Prancis untuk Bank Pertanian di Kairo dari tahun 1905 hingga 1933. Setelah berhenti dari pekerjaan tersebut, beliau muali aktif di bidang penulisan dan riset.

Dikenal sebagai seorang yang rajin berpuasa, bersemangat gigih, serta tekun dalam menggapai cita-citanya. Sampai-sampai penglihatanya menjadi kabur dan akhirnya buta setelah begitu banyak membaca dan menelaah kitab-kitab. Beliau menghembuskan nafasnya yang tarakhir di kairo pada 1968.

Karya-karya pentingnya: Miftah Kunuz As-Sunnah, karya orientalis yang berhasil diterjemahkan dari bahasa ingris ke dalam bahasa Arab; Mu'jam Al-Mufahras lil Alfazh Al-Qur'an, berisi indeks kata-kata kunci di dalam Al-Qur'an; Al-Lu'lu wa Al-Marjan fi Ma Ittafaqa 'alaihi Asy-Syaikhan, yaitu kitab asli dari buku ini; Mu'jam Gharib Al-Qur'an, berisi indeks kata-kata yang sukar dipahami dari Al-Qur'an; Indeks untuk kitab Muwaththa' Malik; Indeks untuk kitab Sunan Ibn Majah; Indeks untuk kitab Shahih Muslim dengan sedikit uraian.


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.