Terjemah Minhajul Abidin : Jalan Para Ahli Ibadah (Imam Al-Ghazali)


Terjemah Minhajul Abidin Imam Al-Ghazali


Jalan ibadah adalah jalannya para Hamba-Hamba Allah yang telah diberikan karunia dan nikmat abadi walau masih beada di alam Dunia yang fana, Jalan Ibadah adalah jalan yang akan menghantarkan Hamba ke jalan menuju surga yang kekal. Jalan Ibadah amatlah terasa indah, seindah hati para abidin (ahli ibadah) yang dijalankan dengan ikhlas dan ihsan. Inilah jalannya para nabi, para auliya, para shalihin dan mukhlisin.

Tapi, jalan menuju ke surga itu bukanlah jalan yang mudah, bahkan dihiasi oleh sesuatu yang bersebrangan dengan hawa nafsu dan akan susah dilalui oleh hamba-hamba yang mudah tergoda dunia dan lainnya. Berbagai jebakan menghadang, siap menarik seorang hamba ke lubang maksiat, hingga terus menjauh dari tujuan, ibadahnya, Rasulullah saw. bersabda; Ketahuilah, bahwa (jalan menuju) surga itu penuh rintangan dan lika-liku, sedangkan jalan ke neraka itu mudah dan rata.

Melalui kitab yang bernama Minhaajul 'Asbidin ini, karya Hujjatul Islam Imam al-Ghazali, ulama besar di bidang ilmu tasawuf dan fiqih, membagi perjalan seorang ahli ibadah itu dalam tujuh tahapan. Ini adalah risalah bimbingan yang menjadi wasiat terakhirnya bagi umat ini, karena tak lama kemudian sang hujjatul Islam Imam Al-Ghazali ini meninggalkan dunia, menghadap Tuhan yang terus-menerus ia rindukan.

Imam Al-Ghazali memaparkan jalan-jalan penting dalam menjalani Ibadah bagi kita agar selalu waspada terhadap setiap godaan dan jebakan yang ada, dan agar dapat segra keluar bila kita telah masuk ke dalam perangkap itu. Dan manakala seorang hamba mampu.

Terjemahan kitab ini mengajak kita untuk merenungi dan mendalami kesempurnaan dalam beribadah dan mengetahui berbagai tahapan dalam mencapai kesmpurnaan ibadah. Berbagai tahapan yang dimaksud meliputi tujuh hal, yaitu tahapan ilmu dan makrifat, tahapan taubat, mengetahui godaan-godaan ibadah, penghalang-penghalang, pendorong-pendorong, dan perusak-perusak ibadah, serta tahapan pujian dan syukur (al-hamd wa asy-syukr).


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.