Terjemah Nashaihul Ibad | Syaikh Nawawi Al-Bantani



Kitab Nashaihul Ibad


Sesuai dengan namanya kitab Nahsihul ‘Ibad adalah salah satu kitab yang bertemakan nasehat-nasehat bagi hamba-hamba dalam menjalankan Agama Islam dalam kategori ranah tasawuf yang dalam penyajiannya sangat sederhana tetapi bermakna dan langsung pada inti masalah, sehingga memudahkan setiap pembaca untuk memahaminya.

Matan Kitab ini berisikan Al-Qur'an, Hadits dan Juga Atsar dan juga kalam Ulama yang dihimpun oleh Syaikh Ibnu Hajar Al-Asqalani yang kemudian diberikan penjelasan atau syarah oleh Syaih Nawawi Al-Bantani

Isi kitab ini berisikan jawaban akan kebutuhan spiritual seorang muslimsehari-hari dalam menjalankan agamanya. Didalamnya berisikan 1055 nasihat-nasehat yang disusun secara numerik berurutkan Nomer atau Jumlah Nasehat yang bersumber dari Alquran, hadis, dan ucapan para sahabat serta ulama salaf.

Kitab ini didalamnya terdapat kandungan makna yang begitu mendalam dan kajian hakikatnya yang begitu luhur, sehingga jika dipahami secara mendalam dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, bisa mengantarkan seseorang hamba kepada tingkat kesucian hati, kebersihan jiwa, dan kebaikan budi pekerti, serta akan mengantarkan kita akan pentingnya memahami makna hidup yang sejati.

Buku Bekal Menjadi Kekasih Allah ini adalah referensi wajib yang harus dimiliki oleh para pendamba jalan kebaikan, kebahagiaan, dan keselamatan. Ketika seseorang sudah setiap waktu mendahulukan kekasihnya, maka secara otomatis kekasihnya akan mencintainya. Kekasih akan melihat pengorbanan kekasihnya itu. Insya Allah, banyak kesempatan untuk menjadi kekasih Allah di masa kini.

Kitab ini bisa memberikan kita banyak wawasan dan renungan-renungan dalam memahami hidup, berperilaku serta bagaimana menyikapi coba'an dan ujian dan juga berbagai masalah lainnya. Buku ini dikemas dengan bahasa yang singkat dan padat, menarik dan juga sangat menyenangkan untuk dikaji oleh siapapun.

Buku Nashaihul 'ibad ini ditulis oleh Syekh Nawawi al-Bantani, seorang ulama Nusantara yang telah banyak menghasilkan karya-karya besar dan terkenal dalam khazanah keilmuan agama Islam dari berbagai macam Bidang Ilmu. Dan tahukah? Syekh Nawawi Ulama berasal Indonesia yang menjadi pengajar sekaligus imam Masjidil Haram selama lebih dari 10 tahun .Syaikh Nawawi lahir di Tanara, serang, Banten, pada tahun 1813 M dan dijuluki Nawawi Shogir dan bapak kitab kuning Indonesia.

Berbeda dengan kitab-kitab lain yang pada umumnya memuat kitab berdasarkan kekhususan materi, seperti bab sabar; berisi segala bahasan perkara sabar, bab syukur, bab amanah dan demikian selanjutnya yang susun berdasarkan tema khusus, maka buku Nashoihul ibad ini berbeda. Setiap bab nya disusun berdasarkan keseragaman jumlah poin yang akan dibahas.


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.