Buku Badai Al-Khat Karya Naji Zainuddin Asy-Syaqqaqi

Berikut ini saya akan bagikan dua buku dari Naji Zainuddin. Mudah mudahan bermanfaat dan ada doa doa dipanjatkan untuk penulisnya.

Dia adalah seorang arsitek dengan darah seni mengalir di tubuhnya. Ia menyukai kaligrafi dan menyukai syair syair. Namun karya karya syairnya lebih banyak dari karya kaligrafinya. Hanya saja, ia meninggalkan sebuah karya sangat penting bagi dunia kaligrafi, yaitu kitab Badaí' al Khat al Araby.

Namanya adalah Zainuddin Bin Abdul Wahhab asy ­Syaqqaqi. Ia lahir di Baghdad 1320H/1902 M dari keluarga penyair. Kakeknya adalah penyair Abdul Wahab Naji. Anaknya Hilal Naji juga  penyair.

Naji sekolah di Madrasah Sulthani. Kemudian ia melanjutkan ke sekolah khusus surveyor sampai  lulus. Sesuai pendidikannya, ia bekerja sebagai land  surveyor  (profesi untuk melihat dan mengukur permukaan tanah secara tiga dimensi untuk membuat peta dan menetapkan batas batas kepemilikan  tanah)  antara tahun  1921­-1930.

Ia melanjutkan profesinya sebagai surveyor di Kairo Mesir. Kemudian ia kembali ke Baghdad, mendapat tugas untuk menangani tata kota. Ditangannya, Kota Baghdad menjadi Indah. Demikian juga kota kota lainnya di Iraq, ia ikut berjasa membangun dan memperindahnya. Ia membuka jalan jalan protokol baru, dan membangun taman taman kota. Ia juga memperbaiki tata kelola listrik dan air.

Di bidang kaligrafi, Ia adalah seorang inetelektual. Banyak melakukan penelitian dan dokumentasi terhadap karya karya terdahulu. Sehingga ia sangat menguasai sejarah kaligrafi. Atas capaiannya itu ia digelari Syeikh Muarrikh al Khat al Araby. Ia pernah mengunjungi Turki dan bertemu Hamid Al Amidi. Hamid menuliskan  penghargaan untuknya, setelah ia menunjukkan karya kaligrafinya.

Naji Zainuddin menulis beberapa buku antara lain mushowwar al khat al araby berisi dokumentasi dokumentasi kaligrafi dan buku badai' al­khat al araby    .

Buku Badai' yang ditulisnya, adalah sebuah buku penting dalam bidang sejarah kaligrafi. Didalamnya, ia banyak meletakkan gambar gambar kaligrafi dari berbagai situs  dan  prasasti prasasti tua. Bukunya ini berisi ragam kaligrafi dan ornamen. Setiap gambar ia beri keterangan penting terkait sejarah dan bacaannya.

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.