Buku Kaidah Kaligrafi Hasyim Muhammad (Download)

Hasyim Muhammad
Bagi anda yang sedang berlatih kaligrafi, tentu tidak asing dengan gambar gambar latihan dibawah ini. Ya hampir semua buku buku kaligrafi yang beredar dipasaran Indonesia, memasang kaidah  kaidah dibawah ini untuk dijadikan  patokan dalam berlatih.

Hanya saja memang tidak banyak buku kaligrafi yang secara jujur menerangkan bahwa kaidah kaidah kaligrafi tersebut adalah hasil karya cipta Hasyim Muhammad al­ Baghdadi. Atau bisa jadi diantara  penulis buku itu belum  mengetahui bahwa itu adalah tulisan tangan Hasyim Muhammad al­ Baghdadi.

Hasyim Muhammad terkenal  sebagai  kaligrafer  yang  sangat  berpegangan  kepada kaidah. Kaidah kaidah kaligrafi ini kemudian ia tampilkan dalam bukunya berjudul "qawaid al­khat al­araby" yang dipublikasikan pertama kali tahun 1961 oleh art institute Baghdad  Iraq. 

Berikut ini beberapa contoh potongan buku karya Hasyim Muhammad Baghdadi :
Surat al-Fatihah
Huruf huruf mufrod dengan tulisan naskh oleh Hasyim Muhammad
Bagian Terakhir Kaidah Naskhi Hasyim Muhammad
Buku ini merupakan salah satu peninggalan paling penting dalam  dunia  kaligrafi.  Ia meliputi semua jenis kaligrafi utama yaitu : Naskh, Tsuluts, Diwani, Diwani Jali, Farisi,  Riq'ah, Kufi dan Ijazah.

Berikut ini link download bukunya  : QAWA'ID AL KHAT AL ARABI  (.rar)

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.