Mughni al-Muhtaj ila Ma’rifah Ma’ani Alfazh al-Minhaj |
Kitab “Mughni al-Muhtaj ila Ma’rifah Ma’ani Alfazh al-Minhaj” (مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج) adalah di antara syarah penting kitab “Minhaj Ath-Tholibin” karya An-Nawawi. Nama singkatnya kadang disebut “Al-Mughni”. Nama lengkapnya sebagaimana disebutkan pengarang dalam muqoddimah adalah “Mughni Al-Muhtaj Ila Ma’rifati Ma’ani Alfazhi Al-Minhaj”. (مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج).
Makna “mughni” adalah sesuatu yang mencukupi, “muhtaj” bermakna orang yang membutuhkan. “Al-Minhaj” yang dimaksud di sini adalah mukhtashor karya An-Nawawi yang bernama “Minhaj Ath-Tholibin. Dengan demikian, melalui judul ini pengarang berharap siapapun yang butuh mengerti kitab “Minhaju Ath-Tholibin” secara lebih baik, menangkap makna-maknanya, dan menyingkap kandungan mutiaranya maka dia bisa bertumpu pada kitab “Mughni Al-Muhtaj” ini. Insya Allah dia tidak perlu bekerja terlalu keras yang melelahkan untuk memahami “Minhaj Ath-Tholibin”, malahan semua kebutuhannya akan terpenuhi dan dia akan terpuaskan.
Nama pengarang adalah Asy-Syirbini. Pelafalan yang lebih akurat untuk lafaz (الشربيني) adalah diucapkan dengan mengkasrohkan syin; Asy-Syirbini, bukan Asy-Syarbini atau Asy-Syirbuni atau Asy-Syurbuni atau Asy-Syarbani.
Nama lengkap pengarang adalah Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Asy-Syirbini. Beliau berasal dari tempat yang bernama Syirbin, sebuah daerah yang pada zaman sekarang masuk provinsi Dakahlia/Daqohliyyah (الدقهلية) di Mesir. Gelarnya “Al-Khothib” karena beliau memang terkenal sebagai khatib di masjid yang dinamai dengan namanya. Beliau hidup di zaman pergolakan politik yang hebat di masanya. Sempat mengalami Daulah Mamalik di Mesir dan juga mengalamai masa-masa penaklukan Sultan Salim I dari Daulah Utsmaniyyah ke Mesir. Beliau berguru kepada Ahmad Al-Burullusi yang terkenal mengarang hasyiyah ‘Amiroh. Beliau juga berguru kepada Syihabuddin ar-Romli, ayah dari Syamsuddin Ar-Romli, sang muharrir mazhab Asy-Syafi’i. Keluasan dan kedalaman ilmunya terlihat dari fakta bahwa beliau diizinkan mengajar dan berfatwa pada saat guru-gurunya masih hidup. Ibadahnya dikenal kuat. Jika tiba bulan Ramadhan, maka mulai tanggal satu, beliau sudah beri’tikaf dan baru keluar dari i’tikaf saat salat ied. Jika berhaji, beliau tidak mau naik kendaraan kecuali setelah kepayahan yang sangat. Kadang-kadang makan malamnya diberikan pengemis yang datang sehingga beliau bermalam dalam keadaan lapar.
Kitab ini ditulis Asy-Syirbini setelah beliau rampung menulis kitab syarah untuk kitab “At-Tanbih” karya Asy-Syirozi. Motivasi menulis kitab ini adalah atas saran dan rekomendasi kawan-kawannya. Ketika mendapat saran ini, awalnya beliau ragu. Tetapi setelah beliau mendapatkan kesempatan berziarah ke makam Nabi ﷺ, salat dua rakaat dan beristikharah, ternyata Allah melapangkan dadanya. Karena itu, ketika pulang beliaupun mulai mantap menulis syarah ini. Mulai penulisan kira-kira tahun 959 H.
Dalam mensyarah, Asy-Syirbini menelaah semua syarah dan hasyiyah “Minhaj Ath-Tholibin” yang sanggup beliau jangkau pada zamannya kemudian meringkasnya. Beliau juga mengambil manfaat dengan mengkaji karya-karya Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshori. Saat mengarang kitab ini, Asy-Syirbini juga banyak menukil dari Syihabuddin Ar-Romli dan syarah Ibnu Syuhbah terhadap “Minhaj Ath-Tholobin”.
Kerja Asy-Syirbini dalam kitab ini adalah menjelaskan ungkapan-ungkapan samar dalam “Minhaj Ath-Tholibin”, menguraikan mafhum dari manthuqnya dan menyingkap mutiara-mutiara ilmu yang terpendam di dalamnya. Dalam menulis, beliau cenderung fokus pada inti persoalan dan tidak bertele-tele. Setiap penjelasan hukum juga tak lupa diterangkan dalil dan ta’lilnya. Jika ada ikhtilaf dikalangan ash-habul wujuh dan ulama Asy-Syafi’iyyah muta’akhkhirin, beliau menjelaskan mana pendapat yang mu’tamad. Bab-babnya disusun dengan rapi, ushul dan furu’nya juga ditahqiq dengan teliti. Jika ada hadis yang perlu ditakhrij maka beliau menerangkan takhrijnya. Adapun terkait ukuran kitab, Asy-Syirbini memutuskan dibuat mutawassith (pertengahan).
Adapula sejumlah istilah khusus yang dipakai Asy-Syirbini yang beliau terangkan dalam muqoddimah kitab. Istilah-istilah ini perlu kita ketahui dan kita perhatikan dengan seksama agar kitab ini bisa dikaji lebih lancar nan nikmat. Penjelasan istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut.
Jika Asy-Syirbini menulis “syaikhuna” (شيخنا), maka beliau memaksudkan Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshori. Jika disebut “Syaikhi” (شيخي) maka hal itu bermakna guru langsung Asy-Syirbini yaitu Syihabuddin Ar-Romli. Jika disebut Asy-Syarih (الشارح) maka Asy-Syirbini memaksudkan Jalaluddin Al-Mahalli yang mensyarah “Minhaju Ath-Tholibin” dalam kitab berjudul “Kanzu Ar-Roghibin”. Jika Asy-Syirbini menyebut “Asy-Syaikhon” (الشيخان), atau “qoolaa” (قالا), atau “naqolaa” (نقلا) maka beliau memaksudkan An-Nawawi dan Ar-Rofi’i. Jika Asy-Syirbuni menyebut kata “tarjih” (الترجيح) secara mutlak, maka beliau memaksudkan tarjih terkait hasil tahrir Ar-Rofi’i dan An-Nawawi. Jika bukan terkait pendapat mereka berdua, maka Asy-Syirbini akan menisbatkan tarjih tersebut kepada orang yang menyatakannya.
Sejumlah penerbit telah mencetak kitab ini seperti “Dar Al-Hadits”, “Dar Al-Ma’rifah”, “Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah” dan lain-lain.
Dar Al-Ma’rifah di Beirut, Libanon mencetak “Mughni Al-Muhtaj” dalam 4 jilid atas jasa tahqiq Muhammad Kholil Al-‘Itani dengan ketebalan sekitar 2600-an halaman.
Al-Khothib Asy-Syirbini wafat setelah Ashar di Kairo, hari Kamis pada tanggal 2 Sya’ban tahun 977 H dan dimakamkan di kota tersebut.
رحم الله الخطيب الشربيني رحمة واسعة
اللهم اجعلنا من محبي العلماء الصالحين
0 Komentar
Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.