Terjemahan Kitab Majmu Imam Nawawi PDF Lengkap

Terjemahan Kitab Majmu Imam Nawawi
Al Majmu’ merupakan kitab yang menguraikan hukum-hukum fiqih berdasarkan Madzhab Imam Syafii karya besar Imam Nawawi. Kitab ini ditulis oleh Imam Nawawi sebagai syarah (uraian penjelasan) dari kitab ‘Al Muhadzab’ karangan Imam Abu Ishaq al Syirozi.

Al-Majmu’ memang ditulis oleh 2 orang ulama besar, yakni Al Imam Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syarof al Syafii al Nawawi dan al Imam Taqiyuddin al Subuki. bahkan diteruskan kembali sampai tamat oleh Najib Al-Muthi’i (konon nama aslinya Mahmud Ibrahim Ath-Thowabi. Beliau terpaksa mengubah nama karena di zamannya dikejar-kejar pemerintahan Gamal Abdel Nasser).

Imam Nawawi menulis al Majmu hingga membahas masalah muamalah (jual beli) Bab Riba. Beliau tidak sempat menyelesaikan tulisannya karena keburu wafat pada tahun 676 H.  Kemudian penulisan kitab al Majmu dilanjutkan oleh Imam Subuki Tapi pekerjaan beliau juga tidak tuntas. Beliau hanya sampai pada bab “Ar-Rodd Bi Al-‘Aib”. Tapi ada sedikit kesimpangsiuran terkait sampai mana syarah An-Nawawi dan syarah Taqiyyuddin As-Subki.

Kata As-Sakhowi, tidak ada satupun ulama yang berniat untuk menyempurnakan Al-Majmu’ kemudian berhasil. Isma’il Al-Husbani, Taqiyyuddin As-Subki, Ibnu An-Naqib, Al-Bulqini (dengan karyanya “Al-Yanbu’ Fi Takmilati Al-Majmu’“), Al-‘Iroqi, dan Abu Zur’ah Ar-Rozi semuanya tidak berhasil menuntaskannya. Ini dipandang sebagai di antara karomah An-Nawawi.

Di zaman sekarang yang berhasil menyempurnakannya adalah Najib Al-Muthi’i (konon nama aslinya Mahmud Ibrahim Ath-Thowabi. Beliau terpaksa mengubah nama karena di zamannya dikejar-kejar pemerintahan Gamal Abdel Nasser).

Pekerjaan Al-Muthi’i cukup terhambat karena di masa hidupnya beliau ditahan oleh rezim Gamal Abdel Nasser. Setelah keluar dari penjara beliau sempurnakan dengan agak terburu. Hal ini barangkali yang menyebabkan karyanya kurang maksimal. Ada yang bahkan agak sinis mengatakan bahwa Al-Muthi’i yang bermadzhab hanafi dalam mensyarah disinyalir hanya “copas” dari Al-Mughni karya Ibnu Qudamah atau dari Al-Bayan karya Al-‘Imroni.

Selain Al-Muthi’i ada juga informasi bahwa Isa Manun juga berusaha mensyarah melanjutkan pekerjaan As-Subki untuk melengkapi Al-Majmu’.

Ada juga upaya melengkapi syarah An-Nawawi dan As-Subki yang diklaim dilakukan 8 doktor (versi lain menyebut 10 doktor, bahkan 20) dan diterbitkan penerbit Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, tapi dinilai sangat buruk. Masih lebih baik karya Al-Muthi’i.

Bagi sobat yang tertarik ingin memiliki Kitab Terjemahan al Majmu Syarah Muhadzzab Karya Imam Nawawi’ silahkan download Dibawah Ini

Download Terjemahan Kitab Majmu Imam Nawawi Jilid 1 - 10

Download Terjemahan Kitab Majmu Imam Nawawi Jilid 11 - 20

Download Terjemahan Kitab Majmu Imam Nawawi Jilid 21 - 32

19 Komentar

  1. Subhanallah Masya Allah.. Alhamdulillah saya pribadi bisa menemukan link ini.. tanpa sengaja saya menemukan link ini, saat mencari kitab versi pdf dan akhirnya Alhamdulillah menemukan link ini.. ternyata isi di link ini ya Allah subhanallah semoga yg memberikan link ini(ustadz. Tedi Soebandi) selalu di beri keselamatan oleh Alloh SWT dan selalu di berikan kebaikan oleh Nya. Aamiin.

    Izin download semoga menjadikan ilmu bagi saya dan bisa mengamalkannya. Aamiin...

    BalasHapus
  2. Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

    Terimakasih atas kunjungan dan doanya ya ustadz

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah hatur nuhun Ustadz ,jajakallohu khoiron izin Download ,semoga jadi amal jariah utk Ustadz dan semoga sy bisa mengamalkannya Aamiin

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah hatur nuhun Ustadz ,jajakallohu khoiron izin Download ,semoga jadi amal jariah utk Ustadz dan semoga sy bisa mengamalkannya Aamiin

    BalasHapus
  5. Baarokallohu Fii Kulli Hayaatik

    BalasHapus
  6. Alhamduliilah... hatur nuhun ustadz... Izin download Dan Semoga Menjadi amal kebaikan dunia dan akhirat...Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Tadz.
      Silahkan
      Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus
  7. Alhamdulillah
    Terima kasih ustadz telah mau berbagi kitab ini, semoga Alloh membalas amal sholih ini dg surga,
    Saya dari pekanbaru, Mohon izin download ustadz, semoga manfaat dan barokah ,aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama tadz
      Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus
  8. Asalmualaikum, izin download ya ustadz.. ini sangat bermanfaat, Semoga allah swt menggolongkan ustadz kepada orang2 baik dalam memberi kemanfaatan.

    Syukri
    Wasallam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus
  9. jazaakumullahu khairn katsiira, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah.baarakallahu fisik.
    Jajakallah Khairul jaja.saya dapatkan apa yg saya cari,SMG bermanfaat amin,sultan.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah. Sangat-sangat bersyukur. Semoga Allah merahmati mereka yang terlibat dalam usaha yang murni.

    BalasHapus
  12. kang tedi abdi ijin unduh nya mugia barokahna kanggo kang tedi sakeluargi hususna oge kanggo abdi sadayana..amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga Haturan kang, Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.