Buku Hizib Bahar Beserta Ijazah Pengamalanya

Hizib Bahar

Doa dan zikir munajat yang dikenali sebagai Hizib Al-Bahr, susunan seorang wali besar yang dikenali sebagai Imam Abul Hassan As-Syadzili. Adapun imam yang diiktiraf sebagai pengasas Tarikat Syadziliah ini adalah seorang keturunan Ahlul Bait anak cucu Rasulullah SAW daripada jurai cucu sulung baginda iaitu Saidina Hassan. Tariqat Syadziliah sahaja yang memiliki rantaian wasilah keilmuan yang bersambung sehingga ke Saidina Hassan. Kebanyakan Tariqat disampaikan Rasulullah SAW melalui Saidina Ali lalu sampai kepada orang lain seperti Imam Jaa'far al-Sadiq, seorang keturunan Nabi melalui jalur Saidina Hussein sebelum turun ke bawah sedangkan Tariqat Naqshabandiah pula disampaikan melalui Saidina Abu Bakar, seterusnya Saidina Salman al-Farisi sebelum sampai kepada orang lain. Untuk pengetahuan, Ibnu Athoilah ialah anak murid kepada anak murid Imam Abul Hassan As-Syadzili.

Amalan doa dari Syeikh Abu Hasan Al-Syazili ini sangat mashyur dikalangan ahli-ahli tasauf/sufi. Sangat elok diamalkan.Orang pondok mana yang tidak tahu Hizib Bahar. Hizib yang satu ini sangat masyhur. Ia sejajar dengan Hizib Nashr, Hizib Nawawi, Hizib Maghrabi, Suryani dan sederet nama-nama hizib yang lain-lainnya.Orang yang mengamalkan Hizib Bahar dengan setiap hari, akan mendapat perlindungan dari segala bala. Bahkan, bila ada orang yang berniat jahat menyamun rumahnya, ia akan melihat lautan air yang sangat luas. Si perompak akan melakukan gerak renang layaknya orang yang akan menyelamatkan diri dari daya telan samudera. Bila di waktu malam, ia akan terus melakukan gerak renang sampai pagi tiba dan pemilik rumah menegurnya

Orang-orang yang tidak percaya dengan hal-hal supernatural, mungkin tidak akan percaya dengan hal itu.Tapi, cerita mengenai keampuhan hizib yang dikarang oleh Syaikh Abu al-Hasan al-Syadzili ini betulbetul masyhur, termasuk cerita tentang lautan yang membentang di tengah-tengah orang yang bermaksud jahat

Tata Cara dan Adab Membaca Hizib Bahar

Untuk membaca hizib bahar diperlukan tata cara dan adab yang benar, yaitu sebagai berikut:

  • Menetapi adab yang baik, seperti halnya adab saat membaca dzikir dan hizib-hizib.
  • Tidak meminta pertolongan kecuali kepada Allah SWT.
  • Bertawassul dengan membacakan Surat al-Fatihah yang ditujukan kepada Imam Abi Hasan asy-Syadzili.  

Jika terdapat suatu hajat tertentu, maka hajat tersebut diangan-angankan dalam pikiran kita pada saat membaca kalimat “al-Bahr” yang terdapat dalam Hizib ini.

Tiap kali membaca ayat “Hâ mîm” yang berjumlah tujuh, wajah menghadap ke depan, belakang, samping kanan, samping kiri, atas, dan bawah.

Sebelum membaca “Hâ mîm” yang ketujuh membaca kalimat berikut:   

دَفَعْتُ بِاللهِ كُلَّ بَلِيَّاتِهِ مِنْ هَذِهِ الْجِهَّاتِ السِّتِّ بِبَرَكَةِ هَذِهِ الْأَسْمَاءِ السِّتَّةِ وَاسْتَجْلَبْتُ بِهَا كُلَّ خَيْرٍ يَأْتِيْ مِنْ هَذِهِ الْجِهَاتِ اَلسِّتِّ 

“Aku menolak segala cobaan/ujian dari enam arah ini dengan perantara Allah dengan barakah dari enam nama ini. Dan Aku memohon agar dimudahkan mendapatkan setiap kebaikan yang datang dari enam arah ini.”

Lalu mengucapkan “Hâ mîm” yang ketujuh, lalu tangan kita memegang tubuh kita dan sekitar kita, lalu diusapkan pada wajah kita sembari fikiran kita menghadirkan hal yang diinginkan.

Pada saat mengucapkan “Kâf hâ yâ ‘aîn shâd kifâyatunâ” pada setiap huruf awal, tangan kanan (tidak pada tangan kiri) menggenggamkan jari satu persatu, dimulai dari jari kelingking saat membaca “kâf” dan diakhiri sampai jempol saat membaca “shâd”. Tangan kanan terus menggenggam sampai setelah menyelesaikan bacaan “Hâ mîm ‘aîn sîn qhâf” tangan kanan dibuka genggamannya dimulai dari jari yang terakhir kali menggenggam yakni jempol.

Cara di atas merupakan cara yang dianjurkan dalam membaca Hizib Bahar menurut penjelasan dari Sayyid Mukhlif Yahya al-‘Ali al-Hudzaifi al-Husaini. Dalam kitabnya, beliau mengaku pernah diijazahkan langsung oleh Imam Abi Hasan Asy-Syadzili melalui mimpi.

Hajat Sangat Mendesak

Selain itu, tatkala terdapat hajat yang benar-benar besar atau mendesak, dianjurkan mengawali Hizib Bahar dengan terlebih dahulu membaca surat-surat berikut:

ومن قرأ سورة الحمد سبع مرات وسورة قريش إحدى وعشرين مرة ثم قرأ هذا الحزب ثلاث مرات فى أية حاجة قضيت كائنة ما كانت.

“Barangsiapa yang membaca Surat al-Hamdu (al-Fatihah) tujuh kali dan Surat Quraisy 21 kali, lalu membaca hizib ini maka hajat apapun akan terkabul, selama hajat itu masih wujud” (Sayyid Mukhlif Yahya al-‘Ali al-Hudzaifi al-Husaini, al-Kunuz an-Nuraniyah, hal. 351)

Semoga kita dapat istiqamah mengamalkan Hizib Bahar dengan penuh khusyuk sehingga kita mendapatkan fadhilah serta mendapat keberkahan dari penyusun Hizib Bahar ini, yakni Imam Abi Hasan Asy-Syadzili. Âmîn âmîn yâ rabbal ‘âlamîn. Lahul Fâtihah.


DOWNLOAD

7 Komentar

  1. Assalaamualaikum Wr Wb
    Saya Rudi kurniawan serta istri Dede rahayu
    Asal Lebak-Banten
    Izin mengamalkannya sebagai sarana dzikir taqorrub ilaallooh,
    Alfatihah,ilaa Shohibul ijazah,Alfatihah...
    Wassalamualaikum Wr Wb

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalaam
    Silahkan, Ajaztukum
    Mudah mudahan Berkah

    BalasHapus
  3. Izin bertanya b'afa sholat 'asar dibaca berapa balikan,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu balikan, yang penting rutin dan Istiqomah

      Hapus

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.