Terjemah Syudzurudz Dzahab | Ibnu Hisyam

Terjemah Syudzurudz Dzahab

"Syudzurudz Zahab fi Ma'rifati Kalamil Arab" adalah karya monumental yang ditulis oleh Imam Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Hisyam Al-Anshari, yang sering dikenal dengan sebutan nama Ibnu Hisyam, seorang ahli linguistik Arab. Beliau merupakan Ulama pakar Ilmu Nahwu kelahiran 708 Hijriah di Kairo dan wafat tahun 761 Hijriyah. Beliau lebih populer dengan laqab atau sebutan An Nahwi.

Kitab ini merupakan salah satu karya penting dalam bidang ilmu nahwu (tata bahasa Arab) di pondok-pondok Pesantren. Ibnu Hisyam menjelaskan berbagai aspek tata bahasa Arab dengan mendalam, terutama dalam hal susunan kalimat dan tata bahasa, Mulai dari kalimah, kalam, Irob, Bina, nakiroh, makrifat, masdar hingga sampai pada adad atau hitungan.

Kitab ini terkenal karena pendekatannya yang sistematis dan komprehensif terhadap ilmu nahwu. Ibnu Hisyam memecah penjelasannya menjadi bab-bab yang terstruktur dengan baik, memulai dengan konsep-konsep dasar tentang kata-kata dan kalimat, dan kemudian merinci aturan-aturan tata bahasa Arab yang lebih kompleks.

Salah satu ciri penting dari "Syudzurudz Zahab" adalah penekanan pada pemahaman yang mendalam terhadap struktur kalimat Arab, termasuk tata bahasa, frasa, dan konstruksi kalimat. Ibnu Hisyam juga membahas isu-isu yang lebih kompleks seperti subtansi, inna dan akhwatnya, serta qad, serta qadar, antara lainnya.

Diantara pembahasan yang unik dari yang lain adalah ciri-ciri Isim, bahwa ciri isim bukan hanya dengan tanwin, tapi juga dengan bisa dijadikan nida dan juga isnad

Kitab ini telah menjadi rujukan klasik bagi para pelajar dan ahli bahasa Arab dalam memahami dasar-dasar tata bahasa Arab. Dengan gaya penulisan yang jelas dan penjelasan yang mendalam, "Syudzurudz Zahab" memudahkan pembaca dalam memahami konsep-konsep yang seringkali kompleks dalam tata bahasa Arab.

Namun, penting untuk dicatat bahwa untuk memahami sepenuhnya isi dari kitab ini, dibutuhkan pemahaman mendalam terhadap bahasa Arab. Buku ini cenderung ditujukan bagi pembaca yang sudah memiliki dasar yang kuat dalam bahasa Arab dan memiliki minat yang besar terhadap linguistik.

Dengan demikian, "Syudzurudz Zahab fi Ma'rifati Kalamil Arab" merupakan salah satu karya yang sangat berharga dalam literatur ilmu nahwu Arab yang tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang tata bahasa Arab, tetapi juga menjadi panduan klasik bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari dan memahami struktur bahasa Arab secara lebih mendalam.


ترجمة كتاب شذور الذهب ابن هشام الانصارى

DOWNLOAD

4 Komentar

  1. Assalamualaikum terima kasih kerana selalu Update Kitab2 Terbaru, Saya kdg2 setiap hari,tiap minggu pasti akan Kunjungi Website Tedisobandi ini, Walaupun saya jarang komen namun ketahuilah saya selalu kunjungi website ini. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam Ustadz
      Sama-sama Ustadz, dan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini, dan saya doakan semoga ustadz sekeluarga sehat selalu dimudahkan semua urusan baik oleh Allah

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum, izin download ustad mudahan menjadi amal jariyah aminn🤲🤲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      Silahkan Ustadz
      Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.