Terjemahan Fiqih Islam Wa Adillatuhu PDF Jilid 4

Terjemahan Fiqih Islam Wa Adillatuhu

Sebelumnya kita bahas isi kajian di dalam Kitab Fiqhul Islami wa Adillatuhu Jilid 3. Sekarang ini adalah terjemahan lengkap kitab Fiqhul Islami wa Adillatuhu jilid 4 karya Dr. Wahbah az-Zuhaily yang cukup di kenali dalam dunia fiqh kontemporari dengan istilah Ulama Kontenporer, yang sebelum Jilid 4 ini ada terjemahan lengkap kitab Fiqhul Islami wa Adillatuhu jilid 3. Buku ini membahaskan aturan-aturan syariah Islamiyyah yang disandarkan kepada landasan-landasan yang shahih berpijak dari Al-Quran, As-Sunnah/Hadith maupun akal atau dalil Naqli. Oleh sebab itu, kitab ini tidak hanya membahas Fiqih Sunnah semata-mata, atau membahaskan fiqih berasaskan logik semata.

Isi Fiqhul Islami wa Adillatuhu jilid ke 4 ini berisikan kajian pembahasan Sumpah dan pembahasan Nadzar, dari sudut Definisi, Hukum, Syarat, Rukun, Pembatalan dan juga Kifarat, macam-macam kafarat, bentuk-bentuk kafarat dan lain sebagainya.

Kemudian penulis meneruskan ke pembahasan tentang Hal-Hal yang Diperbolehkan dan Hal-Hal yang dilarang dari Makanan dan Minuman, Etika makan dan minum. kemudian diteruskan kepada permasalahan perihal Bersetubuh, Melihat, Meraba, Bermain, Membuat lukisan, Mencap (hewan), Bertato, serta hukum-hukum yang berkaitan dengan Rambut, mencabut alis, menjarangkan gigi dan mengucapkan salam.

Dilanjutkan ke pembahasan Fiqih Muamalah berbagai uraian seputar Jual Beli dan Interaksi (Muamalat), tinjauan masalah Jual belu Pupuk Alami, Hutang piutang dengan orang Kafir yang berpenghasilan dari Khamar, menjual Anggur untuk dibuat Khamar oleh pembeli, Menjual bangunan Rumah dan Tanah Kota Makkah, Orang Kafir Masuk Masjid, Hukum Penimbunan Barang

Setelah itu masuk ke pembahasan Qur'ban dan Aqiqah dari mulai Definisi, Hukum, Syarat, Syarat, Waktu, Hewan yang sah dijadikan Qurban, Hewan yang sah di Qurbankan, Usia Hewan, Kriteria Hewan, Sifat Hewan, Pembagian Daging Qurban, Ukuran pembagian daging Qurban dan banyak lagi.

Dilanjutkan ke pembahasan Fiqih Sembelihan dan Fiqih Berburu Hewan dagi segi Definisi, Hukum, Syarat, Cara dan problematika dalam penyembelihan dan perburuan hewan dari kacamata Syariat, sembelihan Ahlul Kitab, Sembelihan Orang Majusi, Sembelihan Orang Gila atau Pemabuk, Sembelihan Golngan Sabi'in, Sembelihan Permpuan dan anak anak, Sembelihan Pencuri dan Perampas Hewan.

Pembahasan dilanjutkan dengan Teori-teori Fiqih, Teori Haq, Definisi Haq, Rukun-rukun Haq, Macam-macam Haq, Harta, Kepemilikan dan Karakteristiknya, Macam-macam Milik, Faktor-faktor kepemilikan Sempurna, Teori Aqad, Bentuk Aqad, Pembagian Aqad, Rukun Aqad, Unsur-unsur Aqad, dan banyak lagi yang berhubungan dengan Aqad.

Selain itu, karya ini juga mempunyai keistimewaan dalam hal memuatkan materi-materi fiqih dari semua Mazhab (Hanafi, Maliki, Syafii & Hanbali), dengan disertai proses penyimpulan hukum (istimbaath al-ahkaam) dari sumber-sumber hukum Islam baik yang naqli mahupun aqli (Al-Quran, As-Sunnah, dan juga ijtihad akal yang didasarkan kepada prinsip umum dan semangat tasyri’ yang menyeluruh).

Di terjemahan Fiqhul Islami Wa Adhilatuhu Jilid 4 ini memuat didalamnya pembahasan : Sumpah, Nadzar, Hal-Hal yang Dibolehkan dan Dilarang, Kurban dan Aqiqah, dan Teori-Teori Hukum (Fiqih)

4 Komentar

  1. Assalaamu alaikum wr wb. Alhamdulillah ust terima kasih atas smuanya semoga Allah memberi balasan yg setimpal atas semua kebaikannya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      Aamiin Ya Allah Ya Rabbal Aalamiin

      Hapus
  2. Assalamualaikum wr.wb.. knag idzin download ya moga bermanfaat dunia akhirat ya buat akang dan keluarga besar dan kami..amiin
    Mksh ya kang

    BalasHapus
  3. جزاك الله خيرا كثيرا
    Terima kasih atas kebaikan yg telah anda berikan kepada saya, banyak sekali manfaatnya..
    Semoga Alloh SWT membalasnya.

    BalasHapus

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.