Terjemah Nadhom Jauhar Tauhid Lengkap Arab - Indonesia

Terjemah Nadhom Jauhar Tauhid

Kitab Jauhar Tauhid,- adalah karya monumental yang membahas Tentang Tauhid, Ilmu Kalam /Teologi, Ilmu Ushuluddin, Ilmu Aqidah.

Sesuai dengan namanya, Jauharatut Tauhid (Mutiara Tauhid) atau yang biasa desebut Jauhar Tauhid merupakan tulisan tentang Tauhid yang sangat indah kandungan ilmunya dan susunan bahasanya. Karya ilmiah sekaligus karya seni ini dihasilkan oleh seorang ulama yang lebih dikenal sebagai ahli Hadits yaitu Syekh Burhanuddin Ibrahim Al Laqqani dari Mesir.

Tulisan berupa rangkaian syair yang dibuat pada abad ketujuhbelas tersebut menarik para ulama untuk memujinya dan membuatkan ulasannya. Di antaranya adalah Syekh Ibrahim Al Bajuri yang mengulasnya pada sekitar tahun 1819. Ulasan tersebut beliau beri nama dengan Tuhfatul Murid (Bingkisan untuk Pecinta Tauhid). Syekh Al Bajuri ini kemudian tercatat sebagai guru besar Universitas Al Azhar Kairo pada tahun 1846. Sepanjang hidupnya beliau telah menghasilkan tidak kurang dari dua puluh tulisan mengenai berbagai macam ilmu. Beliau wafat pada tahun 1846 dalam usianya yang ke-76.

Jauharatut Tauhid dan ulasannya, Tuhfatul Murid, kini menjadi tulisan klasik yang terlalu indah untuk dilewatkan. Daripadanya, Anda akan menerima “bingkisan” berisi mutiara-mutiara ilmu. Bagi Anda yang ingin menelaahnya yang terkendala oleh bahasa Arab, barangkali terjemah ini bisa berguna.

Biografi singkat pengarang kitab Jauharotu at-Tauhid ialah:

Beliau adalah Imam al-Laqani (wafat 1041 H). Nama asli beliau adalah Burhanuddin Ibrahim al-Bajuri bin Syeikh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. lahir di desa Bajur dari provinsi al-Munufiya Mesir tepat pada tahun 1198 H/1783 M. Sejak kecil beliau bersama dengan orang shaleh karena memang orang tua beliau juga seorang ulama shaleh

Tahun 1212 H beliau pergi ke al-Azhar untuk belajar ilmu dari para guru di Universitas tersebut. Pada tahun 1213 H/1798 M Francis telah menduduki Mesir sehingga beliau terpaksa meninggalkan al-Azhar dan menetap di Jizah dalam kurun waktu yang lama dan kembali lagi ke al-Azhar pada tahun 1216 H ( 1801 M ) setelah Francis keluar dari Mesir.

Karya-karya Imam al-Laqani

Karya-karya beliau sangatlah banyak, antara lain:

  1. Fathu al-Qaril al-Majid Syarh Bidayatu al-Murid, dikarang pada tahun 1224 H.
  2. Hasyiyah Ala Maulid Musthafa Libni Hajar, pada tahun 1225 H
  3. Hasyiyah `Ala Mukhtasor as-Sanusi (ummul Barahain) , pada taun 1225 H
  4. Hasyiyah `Ala Matni as-Sanusiyah fil mantiq, pada tahun1227 H
  5. Hasyiah `ala Matn Sulama fil mantiq
  6. Hasyiah `ala Syarh Sa`ad lil aqaid an-Nasafiyah
  7. Tuhfatu al-Khairiyah `Ala al-Fawaidu asy-Syansyuriyah Syarah al-Manzhumati ar-Rahabiyyah Fi al-Mawarits, selesai pada tahun 1236 H
  8. Tuhfatu al-Murid `Ala Syarhi Jauharatu at-Tauhid Li al-Laqqani, tahun 1234 H
  9. Hasyiyah `Ala Syarhi Ibni al-Qasim al-Ghazzi `Ala Matni asy-Syuja`i, tahun 1258 H
  10. ad-Duraru al-Hisan `Ala Fathi ar-Rahman Fima Yahshilu Bihi al-Islam Wa al-Iman, pada tahun 1238 H
  11. Fathul Qarib Majid `ala Syarh Bidayah Murid fi ilmi Tauhid, tahun 1222 H
  12. Manh al-Fattah `ala Dhau’ al-Mishabah fin Nikah
  13. Hasyiah `ala Mawahib Laduniyah `ala Syamail Muhammadiyah Imam Turmuzi
  14. Ta`liqat `ala tafsir al-Kisyaf
  15. Durar Hisan `ala fath Rahman fima Yahshulu bihi Islam wal Iman
  16. Hasyiah `ala Qashidah Burdah lil Bushiry
  17. Risalah fi ilmi Tauhid yang kemudian disyarah oleh ulama Nusantara, Syeikh nawawi al-bantani
  18. dengan nama kitab beliau Tijan ad-dadari.
  19. Fathul Khabir Lathif fi ilmi Tashrif
  20. Hasyiah `ala maulid ad-dardir
  21. Hasyiah `ala Manhaj, belum sempat beliau sempurnakan
  22. Hasyiah `ala Qashidah Burdah
  23. Hasyiah `ala Qashidah Banat Sa`ad bagi Ka`ab bin Zuhair
  24. Hasyiah `ala Matn Samarqandiyah fi ilmi Bayan
  25. Tuhfatul Basyar, ta`liqat `ala Maulid Ibnu Hajar al-Haitami

Dan masih banyak lagi karya-karya beliau yang belum disebutkan.

Kesimpulannya, Beliau adalah seorang ulama yang sholeh dan memiliki ilmu yang sangat banyak. Maka dari itu, sangat layak bagi kita untuk menghormati karya beliau sebagai pengejawantahan bahwa kita pun menghormati beliau. Karena dengan menghormati dan memperlakukan baik karya seseorang, sama dengan menghormati pengarangnya


DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.