Terjemah Arbain fi Ushuludin Bab Ibadah

10 Asas Ibadah

Kitab Arbain fi Ushuludin Bab Ibadah

Ibadah merupakan bukti zahir seorang muslim yang sejati, asas yang penting ini mestilah diambil dari sumber yang penuh autoriti serta dilaksana dengan penuh ketepatan, kerana jika asasnya goyah maka apa yang berdiri di atasnya juga pasti akan goyah.

Memperbahaskan persoalan ibadah bukan sahaja melibatkan perkara sah, batal, syarat serta rukun, bahkan perlu memperhalusinya lagi dengan rahsia dan falsafah di sebalik ibadah tersebut. Buku ini telah memaparkan dengan baik rahsia serta falsafah di sebalik ibadah. Gabungan antara ketepatan ibadah zahir kemudian dirangkumi dengan ketulusan serta rahsia dalaman ibadah tersebut menghasilkan kesempurnaan ibadah.

Terjemah Arbain fi Ushuludin Imam Al-Ghazali

Kitab Arba’in Fi Ushuliddin dalam kitab ini menjelaskan 40 prinsip agama tentang penyucian rohani, yang dibagi dalam empat bagian. Pertama: 10 prinsip teologis antara lain: Dzat (esensi), taqdis (sanktifikasi), qudrat (kuasa), ilmu (pengetahuan), iradah (kehendak), sama & bashar (mendengar & melihat), kalam (firman), af al (perbuatan), Yaumul Akhir (eskatologi), nubuwwah (kenabian). Kedua: 10 prinsip aktivitas lahiriyah antara lain: Shalat, zakat dan sedekah, puasa, haji, qiraat al- Quran, dzikrullah, mencari rezeki halal, menunaikan hak umat islam dan bergaul, amar maruf nahi munkar, mengikuti sunnah. Ketiga: 10 prinsip dalam upaya pem- bersihan hati dari akhlak tercela, antara lain: Sering makan, banyak bicara, marah, dengki, pelit & cinta harta, ambisius dan cinta pangkat, cinta dunia, sombong, ujub, riya. Keempat: 10 prinsip akhlak terpuji, antara lain: Taubat, khawf, zuhud, sabar, syukur, ikhlash dan jujur, tawakal, mahabbah, ridha dengan qadha, mengingat mati. Setiap bagian di- tutup dengan khatimah mengenai tematema tersebut.

Merujuk pada 40 Asas Islam, penanganan materi  Arbain fi Ushuluddin dibagi menjadi 4 bagian Asas: 

1. 10 Asas Pertama (Aqidah)

10 bagian pertama membahas tentang Aqidah, di antaran yaitu: zat (esensi), taqdits (saintifikasi, qudrat (kuasa), 'ilmu (pengetahuan, iradah (kehendak), sama’ dan bashar (mendengar dan melihat), kalam (firman), af’al (amal/perbuatan), yaumul akhir (eskatologi), dan nubuwah (kenabian).

Bagian pertama ini adalah dasar-dasar untuk diterapkan dalam  kehidupan. Semuanya menjelaskan  bagaimana manusia diciptakan, untuk apa diciptakan, dan hubungannya dengan Allah serta para nabi dan rasul-Nya.

2. 10 Asas Kedua (Ibadah)

Materi inti meliputi kaidah-kaidah menjadi seorang muslim yaitu tata cara shalat, puasa, zakat, bersedekah, membaca Al-Qur'an, zikir, mencari makanan halal, menjalankan hak-hak Islam, berbuat baik dan nahi munkar, serta menjalankan sunnah. Ini merupakan nasehat untuk beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya rekomendasi, tapi juga bagaimana memenuhi persyaratan selama mengabdi. Nantinya melalui ibadah, Anda akan mendapat pahala yang akan dibawa sebagai kurban di akhirat.  

3. 10 Asas Ketiga (Penyucian Hati)

Inilah bab yang menjelaskan cara mensucikan hati agar terhindar dari penyakit liver dan sikap tercela, seperti sering marah, dengki dan dengki, makan berlebihan, sombong, suka berenang, terlalu mencintai dunia, ambisius,  banyak bicara, dan masih banyak lagi. Bagian ketiga ini menjelaskan betapa tercelanya sikap di atas. Sikap ini menimbulkan kerugian dan dapat menyulitkan kehidupan. Sebagai manusia,  sikap tersebut harus dijauhi agar selalu tenteram dan selalu dalam lindungan Allah SWT.  

4. 10 Bagian Keempat (Akhlak Terpuji) 

Bagian terakhir membahas tentang anjuran untuk selalu menjaga akhlak terpuji seperti bertaubat, bertapa, sabar, bersyukur, ikhlas, jujur, tidak terikat, ketabahan, mahabah, ridha terhadap ketetapan Allah, selalu mengingat kematian dan lain-lain. Bagian ini menjelaskan bahwa masyarakat hendaknya mempunyai sikap  yang disebutkan di atas. Sikap ini merupakan sikap terpuji yang diridhai Allah SWT. Jika sikap ini diterapkan sejak kecil, Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup.


ترجمة اربعين فى اصول الدين

DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.