Terjemah Arbain fi Ushuludin Bab Penyucian Hati

10 Asas Penyucian Hati

Kitab Arbain fi Ushuludin Imam Al-Ghazali

Ibadah tidak hanya sekedar zahir melainkan ada Ibadah Bathin yaitu membersihkan hati atau qalbu seorang muslim, asas yang penting ini mestilah diambil dari sumber-sumber yang penuh autoriti yang jelas dan benar serta dilaksana dengan latihan atau mujahadah disertai penuh ketepatan sesuai ajaran, kerana jika pondasi asasnya goyah maka apa yang berdiri di atasnya yang menjadi cabang juga pasti akan goyah juga.

Membahas masalah ibadah bukan saja melibatkan perkara sah, batal, syarat serta rukun, bahkan perlu mempercantiknya lagi dengan rahsia dan kebersihan hati dan jiwa di balik ibadah tersebut. Buku 10 Asas Penyucian Hati ini telah memaparkan dengan baik rahsia kebersihan hati serta kejernihan jiwa di sebalik ibadah. Gabungan antara ketepatan ibadah zahir kemudian disertai dengan kbersihan hati serta rahsia isi dan bathin ibadah tersebut akan menghasilkan sebuah kesempurnaan ibadah.

Terjemah Arbain fi Ushuludin Imam Al-Ghazali

Kitab Arba’in Fi Ushuliddin ini didalamnya terdapat penjelasan tentang 40 prinsip agama yang berkaitan dengan pembahasan penyucian hati dan rohani, yang dibagi menjadi empat asas bagian. Pertama: 10 asas Aqidah antara lain: Dzat (esensi), taqdis (penyucian atau sanktifikasi), qudrat (kuasa), ilmu (pengetahuan), iradah (kehendak), sama & bashar (mendengar & melihat), kalam (firman), af'al (perbuatan), Yaumul Akhir (eskatologi), nubuwwah (kenabian). Kedua: 10 Asas ibadah lahiriyah antara lain: Shalat, zakat dan sedekah, puasa, haji, qiraat al- Quran, dzikrullah, mencari rezeki halal, menunaikan hak umat islam dan bergaul, amar maruf nahi munkar, mengikuti sunnah. Ketiga: 10 asas dalam upaya pem- bersihan hati dari akhlak tercela, antara lain: Sering makan, banyak bicara, marah, dengki, pelit & cinta harta, ambisius dan cinta pangkat, cinta dunia, sombong, ujub, riya. Keempat: 10 asas akhlak terpuji, antara lain: Taubat, khawf, zuhud, sabar, syukur, ikhlash dan jujur, tawakal, mahabbah, ridha dengan qadha, mengingat mati. Setiap bagian di- tutup dengan khatimah mengenai tematema tersebut.

Daftar Isi Terjemahan Arbain fi Ushuludin Bab Penyucian Hati

  1. Prakata
  2. Pengenalan Kitab
  3. Biografi Imam al-Ghazali
  4. Muqaddimah Imam al-Ghazali
  5. Bahagian Ketiga : 10 Asas Penyucian Hati
  6. Sifat Tercela 1: Makan berlebih-lebihan
  7. Sifat Tercela 2: Bercakap berlebihan
  8. Sifat Tercela 3: Marah
  9. Sifat Tercela 4: Hasad
  10. Sifat Tercela 5: Bakhil dan mencintai harta
  11. Sifat Tercela 6: Cinta Kedudukan dan Kemegahan
  12. Sifat Tercela 7: Cintakan dunia
  13. Sifat Tercela 8: Sombong
  14. Sifat Tercela 9: Perihal ‘Ujub
  15. Sifat Tercela 10: Riya’
  16. Penutup
  17. Rujukan

40 Asas Agama Karya Imam Al-Ghazali

1. 10 Asas Pertama (Aqidah) 

10 bagian pertama membahas tentang Aqidah, di antaran yaitu: zat (esensi), taqdits (saintifikasi, qudrat (kuasa), 'ilmu (pengetahuan, iradah (kehendak), sama’ dan bashar (mendengar dan melihat), kalam (firman), af’al (amal/perbuatan), yaumul akhir (eskatologi), dan nubuwah (kenabian).

Bagian pertama ini adalah dasar-dasar untuk diterapkan dalam  kehidupan. Semuanya menjelaskan  bagaimana manusia diciptakan, untuk apa diciptakan, dan hubungannya dengan Allah serta para nabi dan rasul-Nya.

2. 10 Asas Kedua (Ibadah)

Materi inti meliputi kaidah-kaidah menjadi seorang muslim yaitu tata cara shalat, puasa, zakat, bersedekah, membaca Al-Qur'an, zikir, mencari makanan halal, menjalankan hak-hak Islam, berbuat baik dan nahi munkar, serta menjalankan sunnah. Ini merupakan nasehat untuk beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya rekomendasi, tapi juga bagaimana memenuhi persyaratan selama mengabdi. Nantinya melalui ibadah, Anda akan mendapat pahala yang akan dibawa sebagai kurban di akhirat.  

3. 10 Asas Ketiga (Penyucian Hati) 

Inilah bab yang menjelaskan cara mensucikan hati agar terhindar dari penyakit liver dan sikap tercela, seperti sering marah, dengki dan dengki, makan berlebihan, sombong, suka berenang, terlalu mencintai dunia, ambisius,  banyak bicara, dan masih banyak lagi. Bagian ketiga ini menjelaskan betapa tercelanya sikap di atas. Sikap ini menimbulkan kerugian dan dapat menyulitkan kehidupan. Sebagai manusia,  sikap tersebut harus dijauhi agar selalu tenteram dan selalu dalam lindungan Allah SWT.  

4. 10 Bagian Keempat (Akhlak Terpuji) 

Bagian terakhir membahas tentang anjuran untuk selalu menjaga akhlak terpuji seperti bertaubat, bertapa, sabar, bersyukur, ikhlas, jujur, tidak terikat, ketabahan, mahabah, ridha terhadap ketetapan Allah, selalu mengingat kematian dan lain-lain. Bagian ini menjelaskan bahwa masyarakat hendaknya mempunyai sikap  yang disebutkan di atas. Sikap ini merupakan sikap terpuji yang diridhai Allah SWT. Jika sikap ini diterapkan sejak kecil, Anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup.


ترجمة اربعين فى اصول الدين

DOWNLOAD

0 Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar, dan berilah kami kritik, saran dan kesan.